BLOG

  • Ketersediaan kornea berperan penting dalam keberhasilan atau berlangsungnya transplantasi kornea. Seperti yang kita ketahui, jumlah calon donor kornea di Indonesia masih sangat minim jika dibandingkan dengan negara lain yang akan menyebabkan terhambatnya kegiatan transplantasi kornea karena tidak tersedianya jaringan kornea yang dibutuhkan. Untuk itu, diperlukan adanya bank mata dalam rangka mengatur seluruh proses penyediaan kornea dari pengambilan jaringan, proses persiapan, distribusi jaringan dan juga pencatatan kegagalan ataupun penolakan jaringan kornea. Melalui bank mata, seluruh data terkait jumlah pasien yang membutuhkan kornea hingga operasi yang telah dilakukan oleh seluruh dokter mata di Indonesia diharapkan dapat tercatat dan di presentasikan terkait usaha dokter mata mengurangi angka kebutaan yang disebabkan oleh kelainan kornea. Seluruh bank mata yang ada di Indonesia berada di bawah naungan Bank Mata Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1967, sehingga seluruh ketentuan terkait administrasi, hukum dan operasional akan diatur sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh Bank Mata Indonesia.


  • Slit Lamp Biomicroscopy

     

    Slit lamp biomikroskopi digunakan jika kita hendak memeriksa pasien dengan kelainan kornea. Komponen slit lamp yang terdiri atas biomikroskopi dapat menghasilkan gambaran suatu kelainan yang di perbesar / magnifikasi, sedangkan komponen slit illuminator akan memberikan informasi lapisan mana kelainan kornea tersebut terjadi dengan membuat sempit refleksi cahaya yang kita berikan.Gambaran slit lamp ini diperlukan untuk menegakkan diagnosis, menilai kondisi kornea dalam rangka melihat keberhasilan terapi medikamentosa dan menentukan jenis tindakan pembedahan terbaik.


  • Sifat utama lapisan kornea adalah transparansi. Kejernihan lapisan kornea dibutuhkan agar refleks cahaya dapat diteruskan hingga mencapai sistem saraf pusat, karena proses penglihatan terbanyak disumbangkan oleh kornea. Jika kejernihan pada kornea terganggu oleh karena adanya penyakit bawaan, kelainan genetik, riwayat infeksi ataupun trauma sebelumnya yang berakibat terbentuknya jaringan penyembuhan luka di jalur masuknya cahaya, maka penglihatan seseorang akan terganggu bahkan menurun hingga mencapai kebutaan. 


  • 1
  • 2